Follow the Foot Print with Faith

SENI BERANTEM DENGAN PASANGAN QTA

Sekarang tinggal dilihat apakah pertengkaran itu sehat atau tidak. Terlepas dari siapa-menyalahkan-siapa, maka berikut ini adalah 10 Tips Bijak Bertengkat dengan pasangan Anda:

1. Jangan Melempar Kesalahan. Belum tentu penyebab pertengkaran 100% ada pada pasangan. Jadi, sadarilah bahwa Anda pun punya andil dalam masalah itu..jadi ingat ada SEBAB ada AKIBAT. Cukup katakan tindakan apa yang dia perbuat sehingga menyebabkan Anda menjadi marah atau jengkel..Dan jangan gunakan kepandaian anda dalam “berbicara “…karena disini bukan tempat untuk anda PRESENTASI !!

2. Jangan Ingin Menang Sendiri. Jika Anda punya pasangan, seharusnya Anda dan pasangan menjadi sebuah tim. It’s not about scoring points..Tapi untuk SALING MELENGKAPI.

3. Melihat masalah dari sudut pandang orang lain. Posisikan diri Anda sebagai orang itu dan biarkan ia tahu bahwa Anda sedang berusaha berempati..(Jangan pura-pura Mengerti kalau sebenarnya TIDAK MENGERTI SAMA SEKALI)

4. Bersikap Dewasa. Jangan ngambek seperti anak kecil atau bersikap keras kepala. Dan jangan pula merendahkan diri atau mengumbar kemarahan. Hal itu hanya akan memperlemah posisi Anda.

5. Jangan Melebarkan Masalah. Tetaplah membicarakan masalah yang sedang Anda dan dia hadapi. Jangan mengukit masalah yang sudah berlalu. Cari saja waktu lain untuk membicarakan masalah yang lain.

6. Dengarkan Keluhannya. Jangan bicara atau malah berteriak kesal padanya. Hanya butuh dua orang saja untuk memulai pertengkaran. Jadi, cobalah untuk memberi kesempatan pada orang lain untuk bicara dan dengarkan apa uneg-unegnya.

7. Berhentilah Berargumen Jika Memang Sudah Selesai..sekali lagi jangan mengeluarkan jurus andalan yaitu “KEPANDAIAN BICARA”. Jangan terus mengulang argumen yang sudah Anda katakan. Tenangkan diri Anda selama beberapa jam. Mungkin Anda kana menemukan solusinya.

8. Jangan Berteriak. Ketika Anda mengungkapkan kemarahan dengen berteriak, yang didengar orang lain hanyalah suara bising. Ia pun takkan benar-benar mendengarkan apa yang Anda katakan. Kata-kata Anda juga takkan terkontrol jika Anda berteriak.

9. Jangan bertengkar Demi Alasan Kebaikan. Jika Anda punya masalah di kantor atau kesal dengan anak-anak di rumah, jangan lemparkan kekesalan pada pasangan. Daripada mengungkapkan masalah dengan emosi, lebih baik ceritakan baik-baik apa yang Anda rasakan..Untuk pasangan yg sedang mendengarkan keluh kesah si dia..Plis banget..mengertilah dia hanya menceritakan sebel dan jengkelnya dia akan lingk di sekitarnya yang mungkin dengan nada bicara yg merengek dan emosi…INGAT JANGAN TERPANCING, DIA HANYA MAU CERITA BUKAN MARAH DENGAN ANDA LHO !!! (sering salah paham)

10. Berusahalah Tertawa. Candaan bisa mencairkan segala situasi.. Tapi jangan tertawa ketika orang lain sedang menumpahkan masalah dengan air mata

4 responses

  1. sempurna…
    saya yakin jika semua yang diatas dilakukan tidak akan terjadi pertengkaran.hehe
    kadang amarah membutakan semua. itulah cara syetan.
    salam…

    September 3, 2010 pukul 4:58 pm

    • yup..betul-betul EGO mengalahkan CINTA🙂 Hmmm…

      September 3, 2010 pukul 5:04 pm

  2. hmmm…
    INGAT JANGAN TERPANCING, DIA HANYA MAU CERITA BUKAN MARAH DENGAN ANDA LHO !!! (sering salah paham)

    September 3, 2010 pukul 5:06 pm

    • nah…Iya khan. Begiiiituuuuuu bapak🙂

      September 3, 2010 pukul 5:19 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s